Langsung ke konten utama

Mendeteksi Karakter dengan Metode DISC dan Deep Sharing Kelompok

Mendeteksi Karakter dengan Metode DISC dan  Deep Sharing Kelompok

Assalammualaikum warahmatullah hi wabarakatuh... Sahabat sukses semua,,J
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya dalam martikulasi hari ke 3 dikampus Bisnis Umar Usman. Kali ini semua mahasiswa diajak untuk belajar tentang cara mendeteksi karekter dengan metode DISC (Dominance,Influence,Steadiness,Complience) penyampaian materi ini dibimbing lansung oleh Mrs. Dina Kamalia.Psi. ,beliau adalah pendiri dan pemilik Humanpro Consulting (PT. Humanindya Profesi indonesia).
Mrs. Dina Kamalia.Psi.

         Metoda DISC ini beliau paparkan akan banyak kita pergunakan untuk apa saja seperti mengenal tipe diri seorang untuk bekerja sama dengan orang lain, yang sangat bermanfaat dalam dunia bisnis. DISC (Dominance,Influence,Steadiness,Complience) atau yang disebut juga Personal Profil Analysis adalah sebuah alat ukur yang menggolongkan manusia berdasarkan tingkah lakunya dalam kelompok kerja atau pekerjaannya. DISC bukan personality tapi pola prilaku / observable behavior, cara kita berprilaku dan berkomunikasi.

            Mengenali diri sendiri memungkinkan kita mengendalikan prilaku pada situasi tertentu, karena kita tahu kita kurang detail maka pada saat dibutuhkan untuk pekerjaan teliti maka kita sudah aware harus melakukan sesuatuSeperti kita naik motor, kalau ditanjakan harus pakai gigi apa.
 Adapun Kegunanan DISC adalah sebagai berikut :
1. Me - Recruit orang yang tepat
2. Mengidentifikasi area pengembangan
3. Mengelola unjuk kerja
4. Membentuk komposisi tim
5. Meningkatkan Efektifitas Komunikasi
6. Memotivasi dan mempertahankan karyawan





Dari pemaparan pemateri saya menjadi tau bahwa karakter saya adalah D dan I. Smoga karakter ini merupakan karakter yang bisa mendukung cita-cita saya menjadi pengusaha. Aamiin.. :)
Namun yang perlu diingat bahwa metode ini adalah salah satu mengenal diri bukan merupakan sesuatu yang pasti 100 persen. 

Ada  tiga hal penting dalam menggunakan DISC :
1. Untuk memeksimalkan keungulan
2. Minimalkan kelemahan
3. Pendekatan dan gaya komunikasi

Mahasiswa mendengarkan Materi
   Setelah materi tentang metode DISC disampaikan dengan panjang lebar, dilanjutkan dengan pembagian kelompok belajar bagi mahasiswa kampus bisnis umar usman. Saya bergabung di kelompok 26 umar . Berjumlah 12 orang dengan 3 orang perempuan dan 9 orang laki-laki. Kelompok tersebut dibimbing oleh seorang mahasiswa kampus bisnis umar usman angkatan sebelum kami. yaitu Miss Ine,diharapkan melalui kelompok ini  bisa menjadi tempat diskusi dan sharing bagi mahasiswa baik dalam menjalankan bisnis mereka. Saya berharap kelompok ini ukan hanya sekedar kelompok belajar tapi juga sebuah keluarga kecil awal untuk memcapai kesuksesan bersama. Amiiin... :)


Wassalammualaikum....

Salam Sukses dan Berkah... :)



Muhammad Isra






































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Dibalik Umar Usman Camp Batch 5 tahun 2017 (Bagian 1)

Cerita Dibalik Umar Usman Camp Batch 5 tahun 2017 Assalammualaikum warahmatullah hi wabarakatuh.... Masih di kampus bisnis, Kampus Umar Usman yaitu kuliah 1 tahun jadi pengusaha . Kali ini saya akan menceritakan pengalaman Umar Usman Camp  selama 3 hari 25-27 September 2017 di Villa Permata, Cipanas, Bogor.     Semoga bermanfaat ya,,, UU Camp Hari Pertama Diawali dari subuh yang dingin selesai sholat subuh di mesjid, saya diharuskan untuk datang ke kampus tepat pukul 05:30 untuk melakukan registrasi sebelum keberangkatan ke kegiatan UU Camp. Semua perlengkapan sudah saya siapkan dari malam hari sehinga paginya tidak perlu repot2 lagi. Alhamdulillah saya sampai kampus dengan tepat waktu, Karna jika terlambat resikonya akan ditinggal oleh teman2 yang lain. Tempat UU Camp kali ini berada di Villa Permata, Cipanas, Bogor, Jawa Barat. Kami menggunakan transportasi berupa mobil tronton TNI untuk mengankut semua mahasiswa,fasilitator dan kru manajemen kira2 membutuhkan 5 mobil

Cerita Dibalik Umar Usman Camp Bacth 5 tahun 2017 (Bagian 2)

Assalammualaikum warahmatullah hi wabarakatuh.... Masih di kampus bisnis, Kampus Umar Usman yaitu kuliah 1 tahun jadi pengusaha . Kali ini saya akan menceritakan pengalaman  Umar Usman Camp  selama 3 hari 25-27 September 2017 di  Villa Permata, Cipanas, Bogor.     Semoga bermanfaat ya,,, UU Camp Hari Kedua Pada hari kedua kami Mahasiwa Umar Usman melakukan games outbond pada pagi harinya. Sebelum melaksanakan  Outbond kami melakukan pemanasan  tubuh dengan beberapa gerakan senam, dan dialjutkan dengan sarapan pagi. Sebelum outbond dimulai kami diharuskan membuat yel-yel untuk penyemangat dan membuat team menjadi lebih kompak lagi.Setelah semua siap fasilitator menjelaskan bahwa ada 9 posko pada outbond kali ini. Masing2 posko ada 2 kelompok mahasiswa, kemudian setelah selesai di satu posko maka 2 kelompok tadi melajutkan ke posko sejantutnya begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat bagian pada setiap poskonya. Kami kelompok Umar 26 berpasangan dengan Kelompok Umar 2