Langsung ke konten utama

Cerita Dibalik Umar Usman Camp Bacth 5 tahun 2017 (Bagian 2)

Assalammualaikum warahmatullah hi wabarakatuh....

Masih di kampus bisnis, Kampus Umar Usman yaitu kuliah 1 tahun jadi pengusaha. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman Umar Usman Camp selama 3 hari 25-27 September 2017 di Villa Permata, Cipanas, Bogor.  Semoga bermanfaat ya,,,


UU Camp Hari Kedua

Pada hari kedua kami Mahasiwa Umar Usman melakukan games outbond pada pagi harinya. Sebelum melaksanakan  Outbond kami melakukan pemanasan  tubuh dengan beberapa gerakan senam, dan dialjutkan dengan sarapan pagi. Sebelum outbond dimulai kami diharuskan membuat yel-yel untuk penyemangat dan membuat team menjadi lebih kompak lagi.Setelah semua siap fasilitator menjelaskan bahwa ada 9 posko pada outbond kali ini. Masing2 posko ada 2 kelompok mahasiswa, kemudian setelah selesai di satu posko maka 2 kelompok tadi melajutkan ke posko sejantutnya begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat bagian pada setiap poskonya. Kami kelompok Umar 26 berpasangan dengan Kelompok Umar 25 yang automatis menjadi rival kami. Namun tetap kebersamaan harus dijaga.





     Posko 1 yaitu permainan kekeompakan team dimana kami diminta untuk memasukan sebatang kayu kecil kedalam sebuah botol dengan mengunakan tali yang terikat pada kayu tersebut, setiap orang harus memegang seutas tali dengan mata tertutup, dan satu orang yang matanya tidak ditutup harus bisa memimpin dan mengarahkan supaya kayu tersebut dengan cepat bisa masuk ke dalam botol.






      Posko 2 berisi permainan keseimbangan dan juga kekompakan team juga, dimana seorang dari kami diminta untuk tegak bersama kayu panjang yang berbentuk segitiga, yang berfungsi untuk mngendalikan arah jalan kayu, sedangkan selebihnya team diminta memegang beberapa utas tali yang berfungsi menjaga keseimbangan kayu tersebut. Kami diminta mampu menjalankan kayu itu sampai garis finis yang tersedia.

      Posko 3 berisi permainan kekompakan team juga, dimana kami diminta bisa memindahkan dan mengisi air dengan mengunakan wadah bekas air mineral yg diikatkan dikening kami dengan cara estapet, sampai air terisi banyak.

     Posko 4 berisi permainan dimana 2 orang diantara kami diminta untuk menutup mata dan kakinya diikat. dan selebihnya menjadi pemandu yang mengarahkan untuk mengambil bola yang telah ditetapkan oleh fasilitator pada sebuah kolam besar. setelah bola didapat makan permainan selesai.

    Posko 5 berisi permainan kekompakan yang mana mengunakan selembar alas yang berbentuk persegi empat, dimana kami diminta tidak boleh menginjak tanah dan hanya boleh menginjak alas tersebut, kita diminta semua team harus sampai ke garis finis dengan mengunakan alas tersebut.

     Dan seterusnya sampai pada ke posko 9. Diharapkan pada permainan outbound ini mahasiswa dapat mengerti akan pentingnya kerja sama team dan jika teman kita dalam kesusahan kita diharapkan dapat membantunya.



    Selesai outbond kami bersih2 divilla dan dilanjukan dengan sholat zuhur berjamaah dan makan siang bersama dan dilanjukan pada sore harinya materi yang akan disampaikan oleh Mr. Wendi Abdillah yang merupakan pakar Hynoselling dan juga tim khalifah ippho santosa. Ia bersal dari medan dimana ia memulai bisnisnya dalam bidang traning. beliau menyampaikan trategi dalam berbinis yang poin utamanya yaitu kepuasan pelangan. ada berbagai macam teknik untuk menjual slah satunya ialah pacing dimana kita harus menyesuaikan diri kita dengan pembeli kita sehingga terbebtuk sebuah pola yang membuat pembelo tertarik dengan jualan kita. kemudian ia juga menjelaskan 7 teknik penjualan dan terakhir memberikan sebuah contoh percakapan yang salah di dalam sebuah penawaran dan cara closing yang sebenarnya.

     Setelah penyampaian materi oleh Mr wendi abdillah kami melaksanakan sholat magrib berjamaah, dan dilanjutkan dengan makan malam. Selesai makan malam kami dibagi 2 kelompok besar dimana yang satu kelompok menonton film tentang seseorang pengusaha wanita yang gigih dengan usaha yang dimilikinya dan akhirnya bisa sukses, ia telah mengalami gagal dan tantangan lainnya namun ia tetap gigih menjalaninya.


             Kelompok ke 2 diberikan sebuah games simulasi yang akan dihadapi pengusaha dalam prakteknya diluar kelak. disini kami di minta untuk memilih salah satu bisnis yang telah dihitung modal awal dan segala biayanya, dan setiap mahasiswa diberikan modal sebesar 5 juta uang Umar Usman yang digunakan untuk membentuk tim bersama mengumpulkan uang untuk modal salah satu bisnis yang dipilih. Disana juga ada bank,asuransi, peluang, consumen, stock barang. Kita diminta dalam 6 bulan permain  dapat menjalanka usahanya dengan profit yang sebesar2 nya. Dan alhamdulillah kelompok kami yang memilih bisnis loundry dapat bertahan hingga permainan selesai. Tapi ada teman kelompok yang lain pendpatan usaha nya minus. Disini kami dapat sedikit mengerti seluk beluk dalam menjalankan sebuah usaha. walaupun hanya sebuah simulasi namun cukup dapat mewakili keadaan yang akan segera kami jalani diluar sana.




Alhamdulillah, demikian blog saya untuk hari kedua UU Camp kampus bisnis Umar Usman. Semoga bermanfaat dan termotivasi. Terima kasih....







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Dibalik Umar Usman Camp Batch 5 tahun 2017 (Bagian 1)

Cerita Dibalik Umar Usman Camp Batch 5 tahun 2017 Assalammualaikum warahmatullah hi wabarakatuh.... Masih di kampus bisnis, Kampus Umar Usman yaitu kuliah 1 tahun jadi pengusaha . Kali ini saya akan menceritakan pengalaman Umar Usman Camp  selama 3 hari 25-27 September 2017 di Villa Permata, Cipanas, Bogor.     Semoga bermanfaat ya,,, UU Camp Hari Pertama Diawali dari subuh yang dingin selesai sholat subuh di mesjid, saya diharuskan untuk datang ke kampus tepat pukul 05:30 untuk melakukan registrasi sebelum keberangkatan ke kegiatan UU Camp. Semua perlengkapan sudah saya siapkan dari malam hari sehinga paginya tidak perlu repot2 lagi. Alhamdulillah saya sampai kampus dengan tepat waktu, Karna jika terlambat resikonya akan ditinggal oleh teman2 yang lain. Tempat UU Camp kali ini berada di Villa Permata, Cipanas, Bogor, Jawa Barat. Kami menggunakan transportasi berupa mobil tronton TNI untuk mengankut semua mahasiswa,fasilitator dan kru manajemen kira2 membutuhkan 5 mobil

Mendeteksi Karakter dengan Metode DISC dan Deep Sharing Kelompok

Mendeteksi Karakter dengan Metode DISC dan  Deep Sharing Kelompok Assalammualaikum warahmatullah hi wabarakatuh... Sahabat sukses semua,, J .  Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya dalam martikulasi hari ke 3 dikampus Bisnis Umar Usman. Kali ini semua mahasiswa diajak untuk belajar tentang cara mendeteksi karekter dengan metode DISC (Dominance,Influence,Steadiness,Complience) penyampaian materi ini dibimbing lansung oleh Mrs. Dina Kamalia.Psi . , beliau adalah pendiri dan pemilik Humanpro Consulting (PT. Humanindya Profesi indonesia). Mrs. Dina Kamalia.Psi .          Metoda DISC ini beliau paparkan akan banyak kita pergunakan untuk apa saja seperti mengenal tipe diri seorang untuk bekerja sama dengan orang lain, yang sangat bermanfaat dalam dunia bisnis.  DISC (Dominance,Influence,Steadiness,Complience) atau yang disebut juga Personal Profil Analysis adalah sebuah alat ukur yang menggolongkan manusia berdasarkan tingkah lakunya dalam kelompok kerja